PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP DESENTRALISASI PENDIDIKAN, Soewartoyo

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP DESENTRALISASI PENDIDIKAN, Soewartoyo

Pelaksanaan otonomi daerah saat ini membuktikan konsekwensi terhadap semakin berperannya pemerintah termasuk penyelenggaraan bidng pendidik. Kota Manado merupakan ibukota propinsi Sulawesi Utara sekaligus sebagai daerah yang mempunyai otonomi dalam penyelenggaraan pemerintah dan pendidikan yang kemudian dikenal sebagai pelaksanaan asas desentralisasi. Prinsip desentralisasi pendidikan sendiri adalah pemberdayaan masyarakat dan menumbuhkembangkan kreatifitas masyarakat.

Dalam rangka mendorong  keikut-sertaan masyarakat dan orang tua khususnya, perlu kiranya mereka mengetahui dan memahami arti pentinnya pendidikan melalui sekolah yang terkait. Pandangan orang tua terhadp penyelenggaraan  pendidikan di sekolah menjadi penting kaitannya dengan tingkat partisipasinya terhadap pendidikan. Persoalan yang ingin dibahas diantaranya meliputi kurikulum yang diinginkan, media pembelajaran dan bagaimanapertanggung jawaban penyelenggaraan sekolah.

Hasil kajian yang ada menunjukan bahwa prinsip penyelenggaraan sekolah berbasis masyrakat atau berbasis masyarakat atau berbasis sekolah (MBS) telah turut mendorong keikut-sertaan orang tua tidak saja dilepaskan demikian saja, bahkan orang tua siswa  berpandangan bahwa sekolah harus bermitra dengan masyarakat dan juga dunia industri. Namun dalam hal bagaimana pendanaan pendidikan, tampaknya orang tua sebetulnyamenghendaki biaya pendidikan yang murah. Dalam era otonomi tersebut ternyata orang tua siswa menghendaki agar penyelenggaraan sekolah bisa dipertanggung jawabkan kepada masyarakat (orang tua) secara demokratis.

Rp 37.000

Beli Sekarang
Tersedia
Berat (gram)700


INFO BUKU

Judul: Persepsi Masyarakat Terhadap Desentralisasi Pendidikan
Penulis: Soewartoyo
Penerbit: Sinar Harapan & LIPI
Edisi: Cetakan 1, 2003
Halaman: 118
Ukuran: 21 x 15 cm
Sampul: Soft Cover 
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Bekas Koleksi Pribadi
Lokasi: 370/Soe/p

Kode: Masukkan kode negara.
Telepon: Masukkan nomor telepon.


Checkout Sekarang