POLITIK LUAR NEGERI INDONESIA DI BAWAH SOEHARTO, Leo Suryadinata

POLITIK LUAR NEGERI INDONESIA DI BAWAH SOEHARTO, Leo Suryadinata

Ambisi Indonesia menjadi pemimpin regional dan memainkan peran aktif dalam masalah masalah regional dan dunia tampaknya terhambat oleh kemampuannya yang terbatas. Keadaan ini tidak saja dialami oleh era Soekarno yang menempatkan legitimasi pemerintahan pada ideologi revolusi, tetapi juga oleh era Soeharto yang menempatkan legitimasi pemerinahan pada pembangunan ekonomi. Perbedaan penempatan legitimasi diantara dua pemimpin ini lebih cenderung didasarkan pada pertimbangan keadaan zaman.

Buku yang mencermati perjalanan politik luar negeri Indonesia selama lebih dari tiga dekade ini, ternyata juga memperlihatkan ambisi Indonesia untuk menjadi pemimpin regional dan bahkan dunia. Untuk memenuhi ambisi itu apakah Indonesia menjalankan kebijakan yang agresif atau tidak, hal ini masih dalam perdebatan.

Kendatipun demikian, ada dua hal penting yang sesungguhnya akan menentukan arah masa depan politik luar negeri Indonesia, yaitu jenis kepemimpinan era pasca-Soeharto dan kondisi ekonomi negara dalam era pasca-Soeharto. Dan tampaknya pembangunan ekonomi yang ditunjang oleh stabilitas politik, akan menjadi salah satu titik perhatian penting dalam konteks pengembangan politik luar negeri Indonesia.


Rp 42.000

Beli Sekarang
Tersedia
Berat (gram)700


INFO BUKU

Judul: Politik Luar Negeri Indonesia di Bawah Soeharto
Penulis: Leo Suryadinata
Penerbit: LP3ES
Edisi: Cetakan 1, 1998
Halaman: 266
Ukuran: 24 x 16 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Bekas Koleksi Pribadi
Lokasi: 340/Sur/p

Kode: Masukkan kode negara.
Telepon: Masukkan nomor telepon.


Checkout Sekarang