STATISTIK: TEORI DAN APLIKASI [JILID 1], J. Supranto

STATISTIK: TEORI DAN APLIKASI [JILID 1], J. Supranto

Untuk mengetahui permasalahan-permasalahan dalam pemerintahan [pengeluaran negara melebihi penerimaan, penerimaan devisa menurun, produksi bahan makanan merosot, dan lain sebagainya], dalam masyarakat [pengangguran makin meningkat, banyak anak putus sekolah, pembagian pendapatan hasil pembangunan kurang merata, kenakalan anak-anak meningkat, dan lain sebagainya], dan dalam perusahaan [kekurangan modal, mesin-mesin sudah tua, hasil penjualan merosot, dan lain sebagainya] diperlukan data.

Data supaya berguna harus dikumpulkan, diolah, disajikan dan dianalisis. Bagaimana cara mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan menganalisis data, Ilmu Statistik akan memberikan jawabannya.

Buku ini diberi judul Statistik: Teori dan Aplikasi, Jilid I, merupakan buku yang sederhana/elementer dan deskriptif, dimaksudkan untuk mengawinkan teori dan pemakaiannya [aplikasinya], dengan demikian pembuktian-pembuktian teoritis yang bersifat matematis kurang ditonjolkan, sebaliknya diberikan cukup contoh-contoh perhitungan dan penggunaan hasil perhitungan.

Buku Statistik: Teori dan Aplikasi, Jilid I diperuntukkan bagi siapa saja yang dalam kehidupan sehari-hari memerlukan data untuk membuat keputusan/kebijakan [pembuat keputusan, perencana, peneliti, petugas pengumpul dan penganalisis data, dan lain sebagainya] atau bagi mereka yang ingin belajar cara pengumpulan, pengolahan, penyajian dan analisis data [para mahasiswa, para peserta kursus statistik, dan lain sebagainya.

Statistik dapat dibagi dua yaitu deskriptif dan inferensi. Statistik deskriptif hanya menguraikan [to describe] mengenai suatu keadaan/persoalan, sedangkan statistik inferensi meliputi dua hal pokok, yaitu teori perkiraan [estimation theory] dan hipnotesis pengujian [testing hypnothesis] yang pada dasarnya merupakan pengambilan kesimpulan mengenai karakteristik populasi berdasarkan hasil perhitungan dari sampel. Buku Statistik: Teori dan Aplikasi, Jilid II, akan membahas tentang statistik inference ini, berdasarkan konsep-konsep probabilitas untuk mengukur unsur ketidakpastian [uncertainty factor]. 

Rp 35.000

Beli Sekarang
Tersedia
Berat (gram)700


INFO BUKU

Judul: Statistik: Teori dan Aplikasi [Jilid 1]
Penulis: J. Supranto
Penerbit: Erlangga
Edisi: Edisi Kelima, Cetakan Kesembilan, 1995
Halaman: 320
Ukuran: 17 x 25 x 1.5 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Bekas Koleksi Pribadi
Lokasi: 001/Sup/s/1

Kode: Masukkan kode negara.
Telepon: Masukkan nomor telepon.


Checkout Sekarang