BANK SAMPAH KAJIAN TEORI DAN PENERAPANNYA, Bambang Suwerda

BANK SAMPAH KAJIAN TEORI DAN PENERAPANNYA, Bambang Suwerda

Bank Sampah merupakan sisa hasil kegiatan sehari-hari yang berasal dari rumah tangga, pertanian, industri, bongkahan bangunan, perdagangan dan perkantoran. Jumlah sampah semakin hari semakin banyak seiiring pertumbuhan jumlah penduduk di Indonesia yang meningkat pesat.

Pengelolaan sampah yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat selama ini, dengan membakar dan membuang sampah secara sembarangan, serta dengan sistem kumpul-angkut-buang. Kondisi ini apabila tidak dilakukan penanganan dini terhadap sampah dapat memicu terjadinya pemanasan global [global warming] sebagai akibat adanya pembakaran sampah, dan tidak menutup kemungkinan munculnya tempat pembuangan akhir (TPA) liar, yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat dan kebersihan lingkungan.

Pada bagian awal buku Bank Sampah Kajian Teori dan Penerapannya ini disajikan secara teoritis tentang berbagai sistem pengelolaan sampah ditinjau dari aspek kesehatan, pendidikan dan aspek sosial ekonomi. Pembaca diharapkan dapat memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing sistem dan selanjutnya diharapkan dapat memilih dan menerapkan sistem yang terbaik untuk mengatasi masalah sampah dengan tidak meninggalkan karakteristik masing-masing wilayah.

Pengelolaan sampah mulai dari sumbernya dengan cara menabung sampah di bank sampah adalah salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengetahui permasalahan sampah. Hal ini sejalan dengan amanat Undang-Undang No. 18 Tahun 2008, bahwa warga Negara Indonesia diwajibkan mengelola sampah mulai dari sumbernya diantaranya dengan memilah sampah.

Akhir pembahasan buku ini diberikan gambaran bagi pembaca tentang penerapan pengelolaan sampah dengan bank sampah yang telah dirintis oleh penulis buku ini.

Rp 40.000

Beli Sekarang
sold
Berat (gram)700


INFO BUKU

Judul: Bank Sampah Kajian Teori dan Penerapannya
Penulis: Bambang Suwerda
Penerbit: Pustaka Rihama
Edisi: I, 2012
Halaman: viii + 90
Ukuran: 14 x 20.5 x 0.5 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Baru
Lokasi: 628/Suw/b

Kode: Masukkan kode negara.
Telepon: Masukkan nomor telepon.


Checkout Sekarang