EKONOMI (SOSIALIS) PANCASILA VS KAPITALISME, Djoko Dwiyanto, Ignas G. Saksono

EKONOMI (SOSIALIS) PANCASILA VS KAPITALISME, Djoko Dwiyanto, Ignas G. Saksono

Terbitnya Ekonomi (Sosialis) Pancasila Vs Kapitalisme (Nilai-nilai Tradisional dan Non-tradisional Dalam Pancasila ini adalah untuk menjawab pertanyaan masyarakat luas dan kaum cerdik pandai bahwa filsafat Pancasila itu mendapat aspirasi dari nilai-nilai mana saja. Banyak orang yang sudah mengatakan bahwa ia merupakan sinkretisme nilai-nilai tradisional dan non-tradisional (seperti Filsafat politk Barat, Islam, Hindu, Nasionalisme yang dikemukakan oleh San Min Chu-I, dll)

Sampai sekarang belum ada uraian terinci mana-mana saja dari dua nilai itu yang berhasil diolah dan dikemas oleh Soekarno sehingga menjadi sebuah kemasan (filsafat) baru, Pancasila, yang telah kita sepakati menjadi dasar negara kita.

Buku ini juga dimaksudkan bahwa yang dilakukan Soekarno bukan hanya sekedar menggali melainkan juga mensintesiskan atau memadukan antara hasil galian nila-nilai  pribumi Nusantara itu sendiri dengan aspirasi filsafat, politik, dan agama pendatang (dari luar Indonesia). Dan ini merupakan sebuah sinkretisme yang kreatif dari Soekarno untuk menjawab pertanyaan ketua BPUPKI, apa dasar negara kita.

Dalam Ekonomi (Sosialis) Pancasila Vs Kapitalisme ini juga dipertegas dari pendirian yang pernah dan selalu ada bahwa Pancasila itu adalah dasar dan sekaligus tujuan untuk mencapai masyarakat "sosialis" Indonesia. Pernyataan ini pernah dilontarkan oleh Bung Karno sendiri dalam beberapa kesempatan (dan tulisannya) dan para pemikir Ekonomi Pancasila (kerakyatan) yang lain. Diantaranya: Bung Hatta, Emil Salim, Mubyarto, Revrisond Baswir, Sri Edhi Swasono, dan Mayjend. Saurip Kadi. Dengan demikian ekonomi Pancasila adalah bersebrangan dengan (atau lawan dari) sistem Ekonomi kapitalis (Neoliberalis).

Rp 33.000

Beli Sekarang
Tersedia
Berat (gram)700


INFO BUKU

Judul: Ekonomi (Sosialis) Pancasila Vs Kapitalisme
Penulis: Djoko Dwiyanto, Ignas G. Saksono
Penerbit: Keluarga Besar Marhenisme DIY
Edisi: Cetakan 1, 2011
Halaman: 234
Ukuran: 14 x 21 x 1 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Bekas Koleksi Pribadi
Lokasi: 330/Dwi/e

Kode: Masukkan kode negara.
Telepon: Masukkan nomor telepon.


Checkout Sekarang