GANDHI SEBUAH OTOBIOGRAFI

GANDHI SEBUAH OTOBIOGRAFI

Dunia ini memandang umat manusia bagaikan lautan bayi yang terserak tersebar diman-mana. Lemah tak berdaya berhadapan dengan kekuatan dan kekuasaan raksasa yang mengancamnya. Kekuatan raksasa itu kita kenal sebagai MNC (Multi Nasional Corporation atau Perusaahn Multi Nasional).

Benarkah demikian adanya? Memang tidak mustahil, MNC secara sengaja atau tidak, langsung atau tidak membuat suatu negara nasional menjadi tergantung kepadanya.

Pikiran kritis memandang ketergantungan akan mengurangi kebebasan negara yang bersangkutan itu. Sehubungan dengan ketergantungan itu, bagi setiap negara yang sedang berkembang, setidaknya bagi Indonesia, perlu diingat dua nama, Sukarno dan Gandhi. Ir. Sukarno yang pernah menjadi presiden pertama Indonesia dikenal karena prinsip "Berdiri di Atas Kaki Sendiri". Mahatma Ghandi terkenal antara lain karena prinsip swadeshinya.

Betapa pun negara-negara miskin harus tetap survive dan konfliknya dengan negara-negara kaya harus terselesaikan dengan baik, tanpa harus mengalami konflik terbuka yang bisa membahayakan berbagai pihak di dunia ini.

Ajaran Gandhi kini semakin relevan, dan kita barang kali akan kembali menemukan nilai-nilai dan kebenarannya dalam menghadapi perjuangan bagi setiap pribadi, masayarakat atau bangsa yang ingin tumbuh berkembang dan maju, tanpa terjerat oleh ketergantungan yang melenyapkan kebebasan yang hakiki.

Rp 35.000

Beli Sekarang
sold
Berat (gram)700


INFO BUKU

Judul: Gandhi Sebuah Otobiografi
Penulis: Gandhi
Penerbit: Sinar Harapan
Edisi: 1985
Halaman: 446
Ukuran: 14.2 x 20.5 x 1.75 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Bekas Koleksi Pribadi
Lokasi: 920/Gan/g

Kode: Masukkan kode negara.
Telepon: Masukkan nomor telepon.


Checkout Sekarang