RADIO KOMUNITAS: ESKALASI DEMOKRATISASI KOMUNIKASI, Dr Atie Rachiatie, M.Si

RADIO KOMUNITAS: ESKALASI DEMOKRATISASI KOMUNIKASI, Dr Atie Rachiatie, M.Si

Komunikasi demokratis dibutuhkan oleh seluruh bangsa di dunia, terutama yang mempunyai komitmen terhadap kesetaraan, keadilan dan menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM). Oleh karena itu, berkomunikasi dan memperoleh informasi merupakan hak bagi setiap warga negara sehingga perwujudan demokratisasi komunikasi di Indonesia secara konsisten diperlukan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Namun sampai saat ini, hal itu belum tampak. Masih banyak ketimpangan dan kesenjangan komunikasi antara kaum elit-nonelit, antara pusat-daerah, dan antara kota-desa. Masyarakat pedesaan sangat rendah kesempatannya untuk mengakses informasi-informasi penting yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan hidupnya.

Untuk itu, demokratisasi dalam kehidupan budaya tradisional sangat diperlukan guna mendorong dan memacu daerah atau kelompok etnis, yang juga mempunyai andil dalam pengembangan kebudayaan nasional. Proses demokratisasi ini akan menumbuhkan gairah, semangat kompetitif yang terbuka dan saling mengisi, yang pada gilirannya akan mendorong perubahan sosial-budaya secara menyeluruh. Radio komunitas merupakan salah satu media alternatif yang dapat meningkatkan demokratisasi komunikasi, khususnya di daerah pedesaan atau dikalangan grassroot sehingga menimbulkan pemahaman dan kesadaran hak akan komunikasi dan informasi.

Buku Radio Komunitas:Eskalasi Demokratisasi Komunikasi berasal dari disertasi penulis yang mengangkat fenomena perubahan penting dalam bidang informasi dan komunikasi pada masyarakat kalangan bawah. Ditulis dengan mengombinasikan antara teori aplikatif, temuan penelitian, analisis, dan pembahasan. Buku ini memaparkan teori dan konsep-konsep radio komunitas dan demokratisasi komunikasi, sejarah dan perkembangan radio komunitas, fenomena radio komunitas di Indonesia pada pasca era reformasi, tipologi radio komunitas, radio komunitas di Jawa Barat, regulasi dan operasionalisasi radio komunitas, serta rekomendasi bagi para stakeholder penyiaran komunitas. Karena itu, buku ini akan sangat bermanfaat bagi para mahasiswa, peneliti, aktivis, praktisi komunikasi, dan politisi, serta stakeholder, dan siapa saja yang memiliki hasrat besar terhadap peningkatan demokratisasi komunikasi.

Rp 60.000

Beli Sekarang
sold
Berat (gram)700


INFO BUKU

Judul: Radio Komunitas:Eskalasi Demokratisasi Komunikasi
Penulis: Dr. Atie Rachmiatie, M.si
Penerbit: Simbiosa Rekatama Media
Edisi: 2007
Halaman: 198
Ukuran: 16 x 24 x 1 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Bekas Koleksi Pribadi
Lokasi: 070/Rac/r

Kode: Masukkan kode negara.
Telepon: Masukkan nomor telepon.


Checkout Sekarang